Home » , » Tips Merawat Baterai Gadget Kamu Agar Tak Mudah Meledak

Tips Merawat Baterai Gadget Kamu Agar Tak Mudah Meledak

Written By Selo Aji on Tuesday, September 23, 2014 | 8:52 AM

Kian hari korban terluka akibat overheat baterai yang menyebabkan baterai smartphone terbakar bahkan meledak kian sering terjadi. Tak hanya melukai, dalam beberapa kasus dilaporkan bahwa terdapat korban meninggal akibat insiden baterai ponsel tersebut.

Baterai meledak sebenarnya tidak seratus persen diakibatkan oleh smartphone itu sendiri, melainkan akibat perawatan smartphone yang dilakukan oleh penggunanya. Berikut ini beberapa tips merawat baterai smartphone agar terhindar dari bahaya overheat dan meledak.

1. Matikan fitur tak terpakai 
Selain dibekali dengan fitur multitasking yang membuat para pengguna smartphone bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, smartphone juga dibekali dengan fitur-fitur canggih lainnya seperti wifi dan bluetooth. jangan biarkan fitur ini tetap menyala ketika Anda tidak membutuhkannya. Tutup pula aplikasi-aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Gunakan aplikasi killing task untuk menonaktifkan aplikasi yang walaupun telah Anda tutup namun tetap terbuka.

2. Hindari pnggunaan smartphone saat di charge 
Bermain game dan bersosial media di smartphone memang merupakan kegiatan yang membuat kita ketagihan. Tak jarang kita tetap memainkannya dengan charger yang terhubung dengan smartphone. Kegiatan ini akan membuat arus AC dan DC pada baterai bekerja keras, sehingga membuat temperatur baterai cepat meningkat. Sebaiknya biarkan saja ponsel yang sedang mengisi daya seorang diri agar lebih aman dari segala risiko buru yang dapat terjadi.

3. Jangan dekatkan smartphone dengan benda bersuhu tinggi 
Smartphone memang berjodoh dengan powerbank, kehadiran keduanya kini sudah tak bisa terpisahkan lagi. Namun tahukah Anda jika menempelkan smartphone dengan powerbank saat pengisian ulang juga berdampak pada temperatur baterai smartphone Anda? Hal ini dikarenakan kebanyakan powerbank mengalami peningkatan suhu saat mengeluarkan aliran listrik, suhu inilah yang akhirnya di tularkan ke smartphone Anda.

4. Jangan tinggalkan smartphone di dalam kendaraan 
Saat berkendara, kebanyakan orang akan meletakkan smartphone nya di atas dashboard mobil sehingga bisa dengan mudah mengecek panggil masuk. Tak jarang para pengguna smartphone ini meninggalkan smartphone di dalam mobil sementara ia beraktivitas. Akibat kaca film mobil, sinar matahari yang menembusnya bisa menyebabkan suhu di dalam mobil meningkat hampir dua kali lipat. Jika Anda meletakkan smartphone Anda di dalam mobil yang terpakir di area terbuka, maka smartphone Anda bisa terkena overheat dan meledak saat itu juga.

5. Pakai baterai dan charger original 
Baterai KW biasanya menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar dari versi originalnya. begitu pula dengan Charget smartphone yang hadir dengan harga murah dan desain warna-warni yang unik. Arus listrik yang tidak sesuai dengan standrad smartphone mampu membuat baterai Anda, terutama baterai KW Anda cepat panas, overhead dan menggelembung. Jika sudah begini maka Anda harus waspada terhadap ledakan. Segera ganti baterai dan charger Anda dengan yang baru.


0 komentar:

Post a Comment


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker