-->

Selo Aji

Tips Unik dan Menarik

Seberapa Aman Password Anda? Coba Cek di Sini!

Apakah Anda menganggap password yang Anda gunakan sudah kuat dan sulit ditebak? Apakah Anda tahu banyak hacker yang tidak tahu password Anda namun ternyata bisa menebak passwordnya dengan mudah?

Kekuatan sebuah password dapat dilihat dari panjangnya password dan kompleksitasnya. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan kekuatan password: rata-rata jumlah penyerang yang menebak password untuk mencari password yang benar dan kemudahan penyerang memeriksa validitas dari setiap dugaan password.

Faktor pertama ditentukan oleh seberapa panjang password Anda, seberapa banyak karakter atau simbol yang digunakan. Faktor kedua ditentukan oleh bagaimana password disimpan dan digunakan.

Nah, ada beberapa tools yang tersedia di internet untuk mengecek kekuatan sebuah password, tools ini bisa digunakan secara gratis.

1. Microsoft Password Checker
Situs ini cukup dikenal. Melalui situs ini Anda bisa mengecek seberapa kuat password Anda. Kuat atau tidaknya password Anda akan ditunjukkan oleh indikator warna dalam bentuk bar di bawahnya. Warna merah menandakan password Anda buruk/tidak aman hingga warna hijau mengindikasikan bahwa password Anda kuat.

2. Password Meter
Password Meter juga bisa diakses secara gratis bagi mereka yang ingin menguji apakah password mereka aman. Aplikasi online ini dirancang untuk memperkirakan kekuatan password Anda agar Anda dapat memperbaiki password. Dalam situs itu dijelaskan bahwa Aplikasi ini tidak sempurna, dan hanya boleh digunakan sebagai panduan dalam menentukan metode untuk meningkatkan keamanan password.

3. How Secure is My Password?
Sama seperti aplikasi online yang di atas, melalui situs ini Anda juga bisa mengecek apakah password yang Anda gunakan aman atau tidak. Sekali lagi, harap diingat bahwa aplikasi-aplikasi online pengecek password ini sebaiknya hanya dijadikan panduan dalam membuat password yang aman. Yang penting Anda tahu bagaimana password yang dikategorikan sebagai aman. Dalam situs ini juga ditulis peringatan: "This site could be stealing your password... it's not, but it easily could be. Be careful where you type your password".

4. Password-Review
Di situs ini Anda dapat melihat tingkat keamanan password Anda setelah menekan enter, jadi pastikan Anda menjaga beberapa privasi sebelum menggunakannya. Setelah mengklik "check pw", Anda akan melihat pesan apakah password Anda aman atau tidak, di bawahnya ada tabel yang menunjukkan titik lemah dan kekuatan password Anda.

Baca juga:

Tags:

2 komentar

avatar

owh begitu tah,,_
langsung ke TKP dch kang.

Balas delete
avatar

yoi, semoga bermanfaat :D

Balas delete