-->

Selo Aji

Tips Unik dan Menarik

5 Alasan Yuk Keep Smile (YKS) Harus Dihentikan

Tayangan ini memang beberapa kali dianggap tak layak untuk ditonton. Pasalnya, mereka seringkali menggunaan candaan tak mendidik seperti pelecehan atau kekerasan fisik.

Beberapa kali acara Yuk Keep Smile (YKS) diminta untuk berhenti tayang karena dianggap melecehkan. Tak hanya satu, tapi ada beberapa kasus pelecehan yang dilakukan oleh para presenternya seperti Caisar, Raffi Ahmad, Omesh, Bopak Castello, dan Adul.  Ingin tahu lebih lanjut bagaimana pelecehan yang pernah mereka lakukan dalam acara tersebut? Simak ulasannya di halaman berikut ini.

1. Lecehkan Ulama
Omesh yang merupakan salah satu presenter acara ini sempat dicerca oleh publik karena dianggap melecehkan beberapa ulama. Hal ini ramai diperbincangkan sepanjang awal tahun 2014 lalu. Dalam Yuk Keep Smile edisi 23 Januari 2014, Omesh menirukan gaya ceramah beberapa ustadz kondang yang muncul di layar televisi, seperti Aa Gym, Ustadz Arifin Ilham, Mama Dedeh, hingga Yusuf Mansyur.
Dengan menirukan gaya Aa Gym, Omesh menyapa penonton yang hadir dalam YKS. Penampilannya makin dianggap keterlaluan karena melafalkan doa hanya untuk bahan lelucon. Bukan hanya ulama yang masih hidup, bahan almarhum Ustadz Jeffry dan KH Zainuddin MZ pun juga dijadikan bahan candaan olehnya. Aksi ini akhirnya tidak hanya dikecam oleh umat Islam saja, tapi juga umat yang beragama lain.

2. Lecehkan Fans Liverpool
Tayangan ini Mei lalu juga mendapat masalah besar terkait fans dari klub bola papan atas, Liverpool. Raffi Ahmad, Bopak Castello, dan Adul saat itu dianggap menyinggung fans Liverpool. Dalam edisi 22 Mei 2014 ini, Raffi Ahmad, Bopak Castello dan Adul yang ketiganya adalah fans berat Manchester United (MU) meledek Omesh yang merupakan fans berat klub sepakbola Liverpool.
Karena perbuatan mereka, media sosial menjadi ramai menghujat tayangan komedi di salah satu stasiun televisi swasta ini. YKS pun didemo habis-habisan oleh Liverpool Fans Club (LFC) dan diminta untuk membuat permohonan maaf kepada LFC. Banyak orang menyayangkan candaan mereka yang kala itu mem-bully Omesh. Terlebih karena mereka bertiga memaksa Omesh untuk mengenakan jersey MU, sementara Omesh hanya bisa tersenyum ketika di-bully.

3. Lecehkan Benyamin S
Tidak berhenti sampai di situ, belum sebulan menjadi topik bahasan publik, YKS sudah dihujat lagi. Lelucon mereka yang seringkali melewati batas membuat banyak orang gerah dan meminta tayangan ini berhenti siaran.
Dalam episode Jumat 20 Juni 2014 kemarin, nama almarhum Benyamin yang merupakan tokoh legenda Betawi dianggap dilecehkan. Awalnya, seorang illusionist/magician bernama Ferdians Setiadi menghipnotis Caisar. Pemilik Goyang Caesar ini diketahui memiliki phobia terhadap anjing. Ferdians lantas menghipnotis Caisar dengan memberi sebuah sugesti bahwa setiap anjing yang ia lihat nantinya adalah Benyamin.

Benar saja, Caisar malah terbahak-bahak saat melihat anjing yang berada di hadapannya. Ia pun menyebut anjing tersebut sebagai Benyamin. Tak heran jika kemarahan penggemar tokoh legenda Betawi itu meledak di media sosial.

4. Goyang Oplosan
Awal tahun 2014, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menegur stasiun televisi swasta yang menayangkan program ini. Kali ini bukan lagi soal pelecehan yang dilakukan oleh para presenter.  Yuk Keep Smile dianggap menyuguhkan joget erotis dalam goyang oplosan. Kala itu, program ini memang sering menampilkan joget-joget yang mereka ciptakan, seperti juga Goyang Caesar.
Dalam goyang oplosan ini, para pendukung YKS bersama-sama menari di atas panggung, dan melakukan gerakan yang dianggap erotis. Karena itulah akhirnya mereka ditegur oleh KPI.  KPI menemukan pelanggaran dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3PS). Tayangan tersebut melanggar pedoman untuk tidak menampilkan gerakan tubuh yaitu tarian dengan unsur erotis.

5. Parodikan Para Pengamat Musik
Bukan hanya melecehkan dan mempertontonkan goyang erotis dalam tayangannya, YKS juga kerap kali memparodikan berbagai tokoh dalam dialog mereka. Tahun lalu, dua tokoh pengamat musik juga sempat diangkat parodinya di atas panggung. Melalui akun twitternya, Denny Sakrie mengungkapkan rasa kekecewaannya pada program ini. Ia juga menyatakan bahwa dirinya pun pernah menjadi korban parodi para presenter YKS.
Denny dan Bens Leo merasa dilecehkan sebab dirinya diparodikan oleh pelawak Deni Cagur serta Kiwil dengan cara yang kurang pantas. Menurutnya, hal tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh mereka. Karena itulah, Denny juga turut mendukung jika memang tayangan ini harus dihentikan. Tak hanya Denny, sebagian besar orang di Indonesia juga setuju untuk melakukan hal yang sama, meminta YKS segera dihentikan penayangannya.

Baca juga:

2 komentar

avatar

hmmm ia sih gan , dari dulu juga gue udah kurang suka nontnya juga ,nice postlah

Balas delete
avatar

ya makasih gan :)

Balas delete