Home » » 10 Makanan Paling Bau Di Dunia

10 Makanan Paling Bau Di Dunia

Written By Selo Aji on Tuesday, April 22, 2014 | 6:38 PM

Makanan dan aromanya tidak dapat dipisahkan. Coba saja lewat di depan warung nasi goreng atau sate ayam, Anda pasti akan merasa lapar kalau aroma nasi goreng sedang tercium, atau tiba-tiba ingin makan sate saat mencium aroma sate yang dibakar. Aroma makanan memang berpengaruh pada selera.

Biasanya, sesuatu yang berbau tidak enak akan dihindari dan tidak akan dimakan. Namun kadang, rasa yang enak membuat banyak orang betah menahan bau beberapa makanan. Inilah 10 makanan paling bau di dunia yang perlu kamu ketahui:

1. Tahu Bau atau Stinky Tofu

Sama seperti namanya Stinky Tofu adalah olahan tahu yang sangat bau. Hidangan ini sangat terkenal pada acara pasar malam di China. Tahu segar yang diberi tambahan air garam, susu fermentasi, daging dan sayuran. Air garam yang dituangkan membuat tahu jadi bau, kadang makin bau, makin disukai. Orang yang tidak terbiasa mengatakan aroma makanan ini seperti sampah organik yang sudah busuk.

2. Surstromming
Melihat bentuknya saja sudah tidak berselera, namun ikan herring yang diawetkan ini adalah makanan kesukaan warga Swedia utara. Mereka akan melakukan fermentasi pada ikan herring selama beberapa bulan. Bagi masyarakat di luar Swedia utara, makanan ini dianggap sangat bau. Saat kaleng terbuka seperti ada campuran aroma telur busuk, cuka dan mentega tengik. Namun makanan ini begitu dicintai sampai ada museumnya.

3. Kimchi
Suka segala sesuatu yang berbau Korea? Anda pasti tahu dengan makanan yang satu ini, Kimchi. Warga Korea sangat menyukai Kimchi, rasanya tidak lengkap jika tidak makan kimchi selama beberapa waktu. Kimchi adalah sayuran yang difermentasikan, bahkan kadang dibuat sebagai sarapan. Sebenarnya aroma kimchi sangat menyengat. Bahkan seorang siswa pertukaran dari Bangladesh kabur dari dapur ketika salah satu mahasiswa Korea sedang membuat kimchi.

4. Hakarl
Menurut Anda, daging apakah yang digantung itu? Daging hiu, dan Anda tidak salah baca. Hakarl adalah hiu fermentasi yang merupakan makanan lezat kesukaan masyarakat Islandia. Karena sulit mencari hiu, maka ikan besar ini diawetkan. Daging ini memiliki kandungan urin hiu, sehingga  baunya sangat tidak karuan. Namun bagi masyarakat Islandia, inilah keunikan Hakarl. Hati-hati saat memakannya, karena aroma ikan hiu awetan ini sangat pesing.

5. Keju Epoisses de Bourgogne
Ada banyak jenis keju, sebagian memiliki aroma tidak karuan dan busuk. Salah satu keju yang berbau tidak enak itu adalah Keju Epoisses de Bourgogne, baunya sangat tidak wajar dan bisa membuat orang lain mual, pusing dan mabuk. Keju ini sebenarnya sangat mewah karena punya julukan Raja Dari Semua Keju, rasanya juga enak, namun begitulah, aromanya sungguh merusak selera makan bagi sebagian orang. Bahkan keju ini dilarang dibawa melalui transportasi umum di Prancis.

6. Rakfisk
Melihat penampakannya yang mirip roti gulung, membuat kita berpikir mungkin rasanya enak. Memang enak, sekaligus bau. Rakfisk adalah hidangan kesukaan warga Norwegia. Terbuat dari ikan segar yang difermentasikan selama dua hingga tida bulan. Bahkan fermentasi ini membuat ikan mengeluarkan cairan bau busuk. Cukup banyak wisatawan tergoda mencoba Rakfisk, walau banyak juga yang kapok.

7. Telur Milenium atau Century Egg
Nama makanan ini cukup unik, Century Egg atau telur milenium. Namun Anda harus mempersiapkan hidung dengan baik saat menikmatinya. Century Egg adalah telur ayam, bebek atau telur puyuh yang diawetkan. Telur ini akan dilumuri pasta dari air teh, tanah liat, kapur, abu dan garam (mirip telur asin). Kemudian telur-telur ini akan didiamkan selama 3 tahun. Hasilnya adalah telur warna kehijauan dengan bau yang bisa membuat mual.

8. Keju Limburger
Satu lagi jenis keju yang baunya sangat tajam, yaitu Limburger Cheese atau keju Limburger. Keju ini mengeluarkan aroma yang sangat bau karena bakteri pembuatnya mirip dengan bakteri yang menjadi sumber bau badan manusia. Sebenarnya keju ini cukup enak, namun baunya membuat tidak tahan sebagian orang. Bahkan beberapa orang mengatakan bau keju Limburger mirip bau kaki. Hidih...

9. Terasi
Nah.. Anda pasti tahu bahan makanan yang satu ini. Terasi atau nama kerennya shirmp paste adalah bahan olahan dari udang yang difermentasikan. Terasi tidak hanya ada di Indonesia, tetapi juga beberapa negara di Asia Tenggara. Terasi ini punya bau yang sangat tajam, namun membuat selera makan bertambah, terutama untuk sambal.

Di Indonesia, aroma terasi bisa menambah selera makan. Namun jika Anda sedang ke Eropa atau Amerika, jangan sekali-kali menggoreng terasi, karena tetangga Anda bisa memanggil polisi akibat baunya yang sangat busuk bagi hidung para bule.

10. Durian
Buah yang satu ini sangat terkenal karena baunya, bahkan di kalangan para turis asing dan bule. Durian adalah buah tropis yang ada di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara. Buah ini cukup mahal dan banyak penggemarnya. Rasa durian yang enak mengalahkan baunya yang menurut para bule bisa membuat mual dan membuat mereka kapok makan durian.

Saking baunya, di negara lain, ada tempat-tempat tertentu yang melarang seseorang membawa durian, baik di pesawat atau tempat umum lainnya. Jika tanda dilarang merokok sudah biasa, jangan kaget jika Anda melihat tanda dilarang bawa durian.

8 komentar:

  1. pete brarti gak masuk dong gan?
    http://artikeloppowae.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. makanya udah paling males jika cium bau durian gang, bikin perut panas..alergi :/
    nasrul-pradana*blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh gan, klo alergi jangan coba2.. apalagi coba makan "jangan sampe deh"

      Delete
  3. gimana ni pete ama jengkol gan? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahaha itu makanan blom termasuk kategori yang diatas gan :)

      Delete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker