Home » » Tips Bisnis Online Laku Tanpa Harus Promosi Mengganggu

Tips Bisnis Online Laku Tanpa Harus Promosi Mengganggu

Written By Selo Aji on Friday, January 16, 2015 | 4:08 PM

Dunia bisnis online saat ini semakin menggeliat. Kamu mungkin tahu anggota keluarga atau teman yang getol mencoba peruntungan di dunia ini. Tak dipungkiri memang, online shop bisa dibilang menggiurkan — setidaknya keuntungannya bisa untuk penghasilan tambahan.

Tapi sayangnya, banyak para pelaku bisnis online yang tidak pintar dan bijak dalam melakukan promosi mereka. Mungkin sebagian besar dari kita pernah menjadi salah satu korban promosi spamming yang mengganggu dan menjengkelkan.

Nah, jika kamu berniat atau malah sedang merintis bisnis online, sudah sepatutnya kamu berkaca dari masalah di atas. Tentu kamu tak ingin melakukan kesalahan yang, bukannya akan membuat bisnismu makin laku, tapi malah menjauhkanmu dari calon pelanggan baru. Berikut ini ada beberapa tips dari pembaca tentang cara promosi dan berjualan online yang baik dan pastinya nggak annoying! Simak yuk seperti apa!


1. Jangan menggunakan akun pribadi sebagai akun jualan. Selain mengganggu temanmu, tak semua dari mereka juga bisa menjadi target pasarmu.
Menggunakan akun pribadi sebagai tempat berjualan online memang cara paling cepat untuk mendapatkan jumlah follower atau teman di media sosial, tapi belum tentu juga itu menjadi cara yang paling efektif bagi bisnis online-mu.

Kalau kamu menggunakan akun pribadi, teman-temanmu bisa saja merasa terganggu dengan postingan produk jualanmu yang belum tentu mereka butuhkan. Bukannya tertarik, mereka malah akan merasa jengah dengan update statusmu yang isinya cuma barang jualanmu. Mungkin mereka tak secara langsung mengatakannya, tapi tetap saja ada cara untuk mempromosikan produkmu yang tidak harus sampai mengorbankan kualitas pertemananmu.


2. Buatlah lapak jualan online khusus. Ajak keluarga dan teman dekatmu yang sesuai dengan target pasarmu untuk bergabung di sana.
“Kalo mau jualan barang sendiri biasanya sih bikin group online sendiri di sosial media. Jangan setiap hari broadcast barang dagangan ke setiap contact sosial media, itu bakal ngeganggu banget.” (Adel, 19, Tangerang)
Nah untuk menyiasati hal di atas, buat akun kuhusus sebagai lapakmu untuk promosi dan berjualan. Kamu bisa saja langsung mengundang semua orang yang ada di kontakmu untuk bergabung ke dalam grup online-mu, tapi kalau kamu tak memilih orang-orang yang sesuai dengan target pasarmu, tentu tindakanmu akan sia-sia. Mulai saja dulu dari saudara atau temanmu yang terdekat.

Tentukan dulu, kira-kira siapa saja teman-temanmu yang masuk ke dalam target pasarmu. Lalu dekatilah secara personal dulu, tawari mereka dulu, apakah mereka bersedia atau tidak. Kalau mereka bersedia dan tertarik dengan produk jualanmu, undanglah mereka. Mereka yang sesuai target pasar dan bersedia menjadi calon pembelimu, kesempatan untuk tertarik pada barang daganganmu akan lebih besar. Tapi ingat, jangan terlalu sering posting atau broadcast message tentang jualanmu ya!


3. Jualan online nggak berarti kamu harus posting barang jualanmu melulu. Coba deh posting informasi-informasi lain yang menarik dan bermanfaat
“Gw punya cara biar komplain para netters berkurang . Postingannya jangan bahas barang dagangan melulu, kita harus mengkombinasikan dengan posting informasi yang bermanfaat, menarik, dan yang lagi tren dibahas . Dengan itu, engagement kustomer dengan kita jadi meningkat.” (Nesia Lumingkewas, 23, Jakarta)
Posting barang-barang jualanmu secara terus menerus dengan intensitas yang cukup sering bikin orang-orang ngerasa terganggu banget. Barang jualanmu hanya akan memenuhi timeline dan news feed media sosial teman-temanmu, padahal belum tentu mereka juga butuh dengan produk jualanmu itu. Kalau teman-teman di media sosialmu sudah merasa terganggung, mereka nggak segan-segan untuk nge-block, delete, atau unfollow kamu.

Untuk menyiasatinya, jangan melulu posting barang-barang jualanmu. Posting juga info-info lain yang menarik dan bermanfaat tapi juga masih berhubungan dengan produkmu. Misalkan, kamu menjual produk-produk kecantikan wanita, share aja artikel tentang tips-tips berdandan. Mereka pasti akan lebih tertarik untuk berkunjung ke lapak online shop-mu, dan juga ini bisa menambah citra positif bagi brand image-mu!


4. Foto produkmu akan lebih menarik dengan menggunakan model. Jadilah model untuk produkmu sendiri!
“Waktu itu gw bisnis baju, nah gw setiap ada acara seperti ultah teman atau event gitu, gw pakai baju koleksi gw. Foto-foto acaranya gw posting di sosmed. Mereka pada tanya dimana beli itu baju, gw bales ” PESAN SAMA GW, BURUAN LIMITED EDITION” hahahah.” (Tya, 21, Batam)
Barang jualanmu memang akan tampak jauh lebih menarik jika dipajang dengan menggunakan model. Seperti kata pembaca di atas, yang langsung menjadikan dirinya sendiri sebagai model dari barang jualannya sendiri.

Daripada cuma menunjukkan foto-foto baju yang cuma digantung di gantungan baju, akan jauh lebih menarik jika kamu menampilkan foto dirimu sendiri yang menggunakan baju jualanmu. Fotonya juga jangan asal-asalan, buatlah fotomu semenarik mungkin agar barang yang kamu jual jadi 2x lipat lebih menarik. Lalu pasanglah fotomu itu di media sosial yang efektif, seperti Instagram.


5. Bisa juga meminta teman-temanmu yang eksis dan terkenal untuk menjadi brand ambassador-mu!
“Bagikan produk kita ke teman-teman atau orang eksis secara gratis, terus foto yang bagus dan bikin mereka mau posting ke akun-akun medsos mereka. Bayar artis buat iklan ‘kan mahal bo! Temen aja jadiin model, malah bahagia mereka.” (Ayu Lestari, 22, Bandung)
Atau kalau kamu tak cukup pede untuk menjadi model bagi produkmu sendiri, mintalah teman-temanmu untuk jadi brand ambassador-mu! Pastikan teman-teman atau orang yang akan kamu jadikan modelmu itu adalah orang yang cukup eksis di media sosial mereka sendiri.

Berikan produk jualanmu secara cuma-cuma pada mereka, lalu jadikan mereka sebagai modelmu. Fotolah teman-temanmu dengan sabagus mungkin, kalau perlu mereka benar-benar terlihat seperti seorang model iklan. Lalu mintalah mereka upload foto-foto tersebut di akun media sosial mereka.


6. Buka lapak juga di forum dan situs jual beli online. Pastikan produkmu mudah ditemukan di mesin pencarian internet
“Kalau gw sih iklannya lewat situs belanja online.” (Fariz, 20, Tangerang)
Daripada kamu keseringan broadcast message melulu, nge-tag orang,sembarangan, atau spamming gak jelas di instagram artis, jauh lebih baik kamu buka lapak di forum-forum atau situs jual beli online yang terkenal. Kalau di sini, kamu udah pasti nggak akan ganggu orang lain.

Buka lapak di situs jual beli online juga bisa menraih banyak pembeli kok, asalakan kamu tahu cara yang tepat untuk berjualan di tempat seperti ini. Perhatikan baik-baik cara membuat judulnya. Berikan informasi yang sejelas dan sedetil mungkin, karena semakin spesifik judulmu, maka akan semakin mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencarian di internet.

Berikan informasi tentang produk-produk jualanmu dengan bahasa yang baik. Sertakan juga informasi mengenai toko jualanmu, dan juga alamat lengkap. Jangan lupa juga untuk memberikan respon yang cepat pada orang yang bertanya agar mereka tak ragu-ragu padamu.


7. Buat promosi yang bisa menarik perhatian dan membuat pelangganmu penasaran. Dengan membuat kuis misalnya!
Sesekali kamu juga perlu untuk membuat promosi yang bisa membuat calon pembeli lebih tertarik untuk membeli, misalkan dengan cara memberi promo buy one get one, atau buy x get y. Sesuatu yang gratis memang terlihat jauh lebih menarik dan bisa meningkatkan orang untuk ingin membeli.

Atau kamu juga bisa mengadakan kuis yang berhubungan dengan produk jualanmu, para pemenang terbanyak nanti akan berhak mendapat produkmu secara cuma-cuma. Dengan adanya kuis, para pelangganmu pun jadi lebih tertarik dan timbul rasa penasaran untuk ikut berpartisipasi.


8. Jika modalmu sudah cukup banyak, cobalah untuk meng-endorse toko online atau selebriti terkenal
“Kalau gw bakal melakukan endorse atau shoutout for shoutout sama beberapa olshop. Soalnya, pasti yang follow tukang endors atau olshop di Instagram adalah orang-orang yang shopaholic.” (Winny Medelin, 17, Jakarta)
Kalau kamu sudah punya modal cukup banyak untuk mengembangkan bisnismu, jangan takut untuk melakukan shoutout for shoutout alias SFS. Di sini, kamu sebagai pemilik online shop bisa mencoba meng-endorse online shop lain yang sudah memiliki banyak followers. Jangan lupa coba juga untuk meng-endors beberapa artis terkenal dan selebtwit sebagai buzzer.

Cara ini memang jauh lebih efektif, selain promosinya nggak mengganggu, kesempatanmu untuk menambah jumlah pembeli juga semakin terbuka lebar. Meski mungkin sedikit mahal, tetapi biaya yang kamu keluarkan mungkin akan sebanding dengan jumlah pelanggan baru yang akan kamu dapat.

Berjualan itu memang harus kreatif, jangan asal jualan doang. Sebagai calon entrepreneur, kamu harus bisa mencari strategi yang ciamik untuk berjualan. Berjualanlah dengan cara yang sopan dan berkelas, jangan sampai kamu mengganggu calon-calon rajamu sendiri! Semoga bisnis online-mu berhasil ya!

2 komentar:


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker