Home » » Ciri Notebook atau Laptop Rusak

Ciri Notebook atau Laptop Rusak

Written By Selo Aji on Wednesday, January 14, 2015 | 1:38 PM


Faktor-faktor yang Bisa Dianalisa Jika Notebook atau Laptop Mengalami Kerusakan, antara lain:
  • Power Failure (mati). Jika notebook spAcer tiba-tiba mati, komponen yang harus pertama di cek adalah battery notebook. Tidak perlu panik, karena notebook yang tiba-tiba mati bisa jadi karena baterai habis total. Lakukan recharge pada notebook setidaknya setengah jam lalu coba nyalakan kembali. Faktor lain penyebab notebook mati juga bisa dikarenakan adaptor yang kinerjanya sudah menurun. Selain itu, motherboard pada laptop mati total juga bisa membuat notebook juga mati total.
  • Lampu power menyala tapi LCD tidak menampilkan gambar. Jika spAcer pernah mengalami hal seperti ini, coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA notebook. Hidupkan notebook, jika masih mati, itu bisa disebabkan karena VGA sudah rusak atau bisa juga disebabkan Prosessor, mainboard, atau RAM yang kotor atau rusak. Tapi jika pada monitor eksternal dapat menampilkan gambar, itu artinya LCD pada notebook yang mengalami gangguan. Masalah bisa terdapat pada inverter LCD, kabel fleksibel LCD, dan sebagainya.
  • Overheating. Satu permasalahan umum pada notebook adalah terjadinya overheat atau panas berlebih pada notebook. Hal ini wajar sebenarnya, karena di dalam casing notebook itu sendiri sudah penuh dengan banyak komponen dan hampir tidak menyediakan ruang kosong. Biasanya hal ini terjadi akibat tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink tertutup debu. Oleh sebab itu, ada baiknya notebook memiliki jadwal pembersihan secara berkala yang mungkin bisa dilakukan di service center terdekat.
  • Kerusakan pada charger notebook. Biasanya gejalanya adalah ketika notebook spAcer tidak mau di charge, lampu indikator power tidak menyala, notebook di charge dalam posisi hidup tapi justru malah mati, dan layar tidak stabil.
  • Bawa notebook ke service center terdekat. Satu hal yang disarankan jika spAcer mengalami beberapa masalah di atas, sebaiknya segera langsung mengunjungi service center terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan gegabah mengambil tindakan sendiri, terlebih jika spAcer kurang paham akan hal tersebut.
Nah, sudah paham kan gejala-gejala yang biasa muncul jika notebook kesayangan rusak? Ingat-ingat dan lakukan tindakan yang tepat ya!

9 komentar:

  1. cocok banget ini artikel, saya juga lagi ada pasien ini laptop mati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah project kan tuh, sukseslah gan :)

      Delete
  2. ternyata laptop ane udah harus diganti -_- batrenya gampang habis

    BW by : http://martstein.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, klo perlu Beli laptop baru karena klo beli batrenya doang mahal gan di atas 200rb

      Delete
  3. mantap gan..

    Http://Alazthairku.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. palagi low dipencet tombol power ngga idup ya sob :D hiihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha itu mah mending beli baru gan :D

      Delete
  5. sangat bermanfaat sekali dan perlu dibawa ke tukang servis kalau memang sudah waktunya rusak hehe...
    alat pencuci batu akik

    ReplyDelete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker