Home » » 9 Alasan Orang Nganggur

9 Alasan Orang Nganggur

Written By Selo Aji on Wednesday, December 10, 2014 | 12:55 PM

Selain untuk mendapatkan penghasilan guna menghidupi kehidupan, bekerja juga sebagai bentuk eksistensi hidup itu sendiri. Ya, jadi kalau kamu udah selesai kuliah trus belum juga bekerja, maka kamu bisa mendapatkan cibiran dari lingkungan kamu. Gak heran deh kalo orang tua kamu suka marah-marah ke kamu kalau kamu gak kunjung bekerja. Kan bisa malu orang tua kamu ditanyain temen-temennya pas lagi arisan.

Tapi walaupun sering dapet cibiran dan marah, ada beberapa orang yang tetap kekeuh buat nganggur alias gak bekerja. Berikut ini alasan yang sering mereka berikan

1. Santai Dulu
Biasanya alasan ini datang dari orang-orang yang baru aja lulus kuliah. Karena udah kurang lebih 4 tahun capek menimba ilmu di bangku kuliah, beberapa orang milih buat gak buru-buru cari kerja. Oiya, kadang ada juga orang yang emang udah lama bekerja di satu tempat gitu memilih resign dan buat nyantai dulu, menikmati hidup beberapa saat, sebelum akhirnya berkomitmen dengan waktu dan jabatan.

2. Belum Dapet Panggilan
Ini sebenernya rada kasian sih kalau orang tersebut emang beneran udah sering naro-naro lamaran kerja ke berjuta-juta perusahaan, tapi gak satu pun yang nyangkut, bahkan buat sekedar interview. Nah, kalo temen kamu ada yang kayak gini, ada baiknya kamu kasih dia sedikit tepukan di bahu lah. Kasian kan, abang tukang bakso aja dipanggil sama Melisa.

3. Bingung Mau Kerja Apaan
Kalau yang ini bingung juga sih mau kasihan atau nggak. Ya kok bisa-bisanya bingung mau kerja apa? Emangnya dulu kuliahnya apa? Pasti jurusannya gak sesuai keinginan, cuma ikut-ikutan atau dipaksa orang tua. Alhasil pas udah lulus kuliah bingung deh cari kerjaannya. Dan gelar Sarjana pun hanya sekedar pemanis di undangan pernikahan aja. Itu juga kalo ada yang mau dinikahin sama orang yang masih bingung mau kerja apaan.

Makanya kalau mau kuliah itu harus tau dulu apa yang jadi passion kamu. Trus setelah itu kamu cari tau deh peluang kerja dari jurusan yang kamu pengenin itu. Jangan sampe deh kamu jadi korban salah jurusan.

4. Fokus Bermusik
Alasan yang sangat keren sekaligus sangat naif. Yak, orang-orang yang bermusik itu selalu terlihat keren dan bersahaja. Coba aja kalau lagi nongkrong-nongkrong gitu, kamu ambil gitar dan terus memainkan, lagu lama yang biasa kita nyanyikan. Tapi tak sepatah kata yang bisa terucap, hanya ingatan yang ada di kepala. Wah pasti cewek dan cowok pada kesemsem sama kamu. Tapi sayangnya industri musik di tanah air belum bisa menjamin kamu apa-apa anak muda. Anak band sekarang udah jadi bintang sabun colek. Oiya apa lagi kala band kamu indie-indiean gitu. Hmmm, gimana ya? ya gitu deh!

5. Mau S2
Ini dia alasan paling ambisius untuk pertanyaan kenapa belum kerja? Jawabannya karena mau langsung lanjutin ambil S2. Wiiiih. Walaupun sebenernya bisa buat bekerja sebelum kuliah S2nya dimulai, tapi kebanyakan orang sih lebih milih buat nganggur dulu. Mungkin mau istirahat sebentar kali ya? Kan nanti pas kuliah S2 otaknya kembali diperes. Tapi mungkin juga karena S2nya di luar negeri, jadi harus urusin tetek bengek sebelum berangkat ke negara tempat menimba ilmu.

6. Males
Ada loh orang yang nganggur karena emang males aja. Selama sekolah selalu ranking, kemudian kuliah lulus dengan sangat memuaskan, tapi abis itu ya lebih seneng buat di rumah aja. Main game, buka-buka internet, nonton bokep, baca malesbanget. Ya pokoknya begitu-begitu deh. Biasanya sih orang-orang yang kayak gini gak terlalu musingin masa depan.

7. Udah Kebangetan Kaya
Kalau yang ini gak usah ditanyain. Cuma bikin sakit hati.

8. Gak Dikasih Sama Suami
Walaupun emansipasi selalu diterikan oleh cewek-cewek, tapi apa yang udah menjadi kultur Indonesia udah mendarah daging, yaitu cewek itu gak usah kerja lah, jaga anak aja di rumah, masak, nyuci, dan urus suami. Eh ini bener loh, masih ada cewek urban yang akhirnya milih buat meninggalkan pekerjaannya karena mau ngelakuin hal-hal yang celow sebutin tadi. Ya masih ada juga sih yang ngelakuin itu karena disuruh suaminya. Yang penting tiap bulan gaji suami masuk kantong istri. Lumayan kan buat arisan dan beli perhiasan.

9. Sebenernya Kerja
Tapi gak keliatan aja.  Ya bekerja secara freelance semakin banyak diminati. Karena kerjanya bisa di mana aja kayak kafe, hotel, atau bahkan di mobil, maka orang lain ngeliatnya orang ini semacam gak punya kerjaan alias nganggur. Padahal sih tiap bulan quotation cair. Makelum beberapa orang garis keras masih berfikiran kalau yang namanya pekerjaan ya harus ada kantornya.

Sebenernya kamu mau kerja atau nggak itu sih terserah kamu aja, toh kamu juga yang ngejalanin mimpi-mimpi kamu. Tapi celow cuma ngingetin: Bekerja lah kamu sebelum kamu dikerjain.

Kira-kira alasan apa lagi ya yang sering dipake sama orang yang nganggur? share yuk di kolom komen.

0 komentar:

Post a Comment


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker