Home » » Cara Menghemat Baterai Menggunakan Wallpaper

Cara Menghemat Baterai Menggunakan Wallpaper

Written By Selo Aji on Wednesday, October 15, 2014 | 9:26 AM

Banyak cara menghemat baterai gadget (smartphone dan tablet). Kamu bisa gunakan cara rumit, bisa juga dengan cara simpel.

Beragam smartphone dan tablet saat ini diciptakan dengan teknologi baru. Selain prosesor, kecanggihan sebuah gadget bisa dilihat melalui layarnya. Maka tak heran jika Samsung, Apple, Nokia, Sony, LG, HTC, dan produsen lainnya sangat mengedepankan sisi layar.

Gadget saat ini juga identik dengan layar besar. Sayangnya, terkadang hal ini tak dibarengi dengan peningkatan kapasitas baterai. Belum lagi smartphone dengan bentuk tipis membuat kapasitas baterainya makin terbatas.

Cara termudah untuk menghemat baterai smartphone yang memiliki layar sentuh besar dan berkualitas adalah dengan menggunakan wallpaper satu warna atau polos, yaitu hitam atau abu-abu. Cara ini berlaku untuk perangkat berlayar AMOLED dan OLED. Berikut adalah fakta dan alasannya.
  1. Layar smartphone atau tablet setidaknya mengonsumsi 30 hingga 50 persen daya baterai, bahkan setara dengan konsumsi daya prosesor. Jadi, bijaksana lah dalam menggunakan layar perangkatmu.
  2. Layar smartphone akan bekerja lebih keras ketika menampilkan warna-warna terang. Sedangkan warna hitam dan abu-abu lebih redup dibanding warna lainnya, termasuk putih.
  3. Backlight atau lampu pada layar berjenis AMOLED seperti Samsung Galaxy S5, Galaxy Note 4, atau Nokia Lumia 930 tidak menyala ketika hanya menampilkan warna hitam polos. Hal ini dapat menghemat konsumsi baterai. 
  4. Hindari penggunaan live wallpaper. Menampilkan warna terang saja sudah membuat layar bekerja keras, apalagi menampilkan gambar bergerak terus menerus.
  5. Menggunakan wallpaper hitam atau abu-abu polos memiliki konsep yang sama dengan mengurangi kecerahan (brightness) layar, yaitu sama-sama memaksa backlight layar menjadi lebih redup.
Jadi, cara ini bisa kamu coba untuk menghemat baterai gadget, khususnya untuk gadget yang menggunakan jenis layar OLED atau AMOLED. Ada tiga produsen smartphone yang kerap menggunakan layar jenis ini, yaitu Nokia, Motorola, dan Samsung. Kamu bisa cek sendiri, apakah smartphone yang kamu gunakan berlayar AMOLED atau bukan.

0 komentar:

Post a Comment


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker