-->

Selo Aji

Tips Unik dan Menarik

Gravity Screen Android

Bagi pengguna Android, kegiatan menghidupkan dan mematikan layar merupakan sebuah rutinitas. Pada umumnya, kita menggunakan tombol power (dan/atau tombol home) untuk melakukannya. Bisa diasumsikan, lama kelamaan, tombol-tombol fisik tersebut akan mengalami kerusakan, menjadi kurang responsif, dan bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Sebelumnya, Memudahkan pernah membahas cara meminimalkan penggunaan tombol fisik pada perangkat Android dengan menggunakan aplikasi Easy Touch. Kali ini, kami akan membahas sebuah aplikasi yang lebih gereget dari itu; sebuah aplikasi yang bisa menghidupkan dan mematikan layar perangkat Android Anda tanpa perlu menekan tombol apapun.
Seperti yang tertulis pada judul, aplikasi tersebut bernama Gravity Screen. Seperti namanya, Gravity Screen adalah sebuah aplikasi yang memanfaatkan sensor gravitasi yang tertanam pada perangkat Android untuk menghidupkan dan mematikan layar. Selain itu, Gravity Screen juga menggunakan sensor kedekatan (proximity sensor) untuk memantapkan kinerjanya.

Gravity Screen memiliki 3 fungsi utama yang bisa membuat Anda lupa dengan keberadaan tombol power atau home.
1. Menghidupkan layar. 
Secara otomatis, layar Android Anda akan menyala bisa Anda mengangkatnya, iya, hanya dengan mengangkatnya (dari atas meja atau dari dalam saku Anda).
2. Menjaga layar tetap menyala. 
Bila Anda sedang browsing internet, membaca artikel misalnya, bila layar perangkat Android Anda mulai meredup, goyangan kecil bisa membuatnya menyala terang kembali.
3. Mematikan layar. 
Bila Anda meletakkan perangkat Android di atas meja dalam keaadan layar menghadap ke bawah (bisa juga menghadap ke atas, tergantung opsi yang Anda pilih), atau memasukkannya ke dalam saku, Gravity Screen akan secara otomatis mematikan layar Anda.

Selanjutnya, simak video Gravity Screen berikut ini untuk mengetahui fitur-fiturnya secara keseluruhan.
Lalu bagaimana dengan daya tahan baterai perangkat Android bila menggunakan aplikasi Gravity Screen. Menurut keterangan dari pengembangnya, konsumsi daya Gravity Screen tidaklah signifikan, artinya, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan baterai Anda saat menggunakan Gravity Screen. Saat mencoba Gravity Screen bebapa hari yang lalu sampai artikel ini diterbitkan, perangkat Android yang kami gunakan tidak menunjukkan perubahan ketahanan baterai yang berlebihan dalam pemakaian normal.

Selain memudahkan Anda dalam menggunakan perangkat Android sehari-hari dan membuat tombol fisik Anda relatif lebih awet, Gravity Screen juga bisa menjadi pengganti tombol power atau tombol home Anda. Jadi bila tombol fisik Anda mulai rusak atau kurang berfungsi sebagaimana mestinya, gunakan saja Gravity Screen sebagai solusi untuk menghidupmatikan layar perangkat Android Anda. Aplikasi Gravity Screen dapat diunduh dengan gratis (tersedia pula versi pro - berbayar) dan bisa dipasang pada perangkat dengan Android 2.2 ke atas.

Baca juga:

0 komentar