Selo Aji

Tips Unik dan Menarik

Inilah Cara Ngeblog Yang Aman!


Mengemukakan pendapat melalui blog atau postingan di social media memang tidak lagi bisa sembarangan. Ada UU ITE yang bisa menjerat user apabila ada pihak yang berkeberatan dengan pendapat tersebut. Terlebih lagi apabila pendapat itu berupa kritik atau protes atas sesuatu hal, dilandir dari ictwatch[dot]com. Maka blogger maupun user social media layak “bermain cantik” ketika mengemukakan pendapatnya dalam bentuk postingan di dunia maya. Bermain cantik yang seperti apa? Nah Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Gunakan Narasumber
Ketika melakukan kritik atau review atas suatu layanan publik, gunakan pihak lain sebagai narasumber. Sebaiknya narasumber ini adalah orang yang kompeten di bidangnya. Misalnya saat mengkritik layanan rumah sakit, coba kutip pendapat dari pakar layanan publik atau medis jika ada. Jangan langsung menggunakan pendapat Anda pribadi untuk mengkritisinya, sebab mengesankan kurang obyektif, dan ada emosi yang bisa terlibat di sana.

2. Anonimkan Pihak Yang Dikritik
Jika terpaksa harus mengkritik langsung dengan pendapat Anda, jangan langsung sebut nama pihak yang Anda kritik. Bisa anonimkan dia dengan menggunakan inisial atau petunjuk tertentu. Pembaca cukup dapat menerka-nerka, tanpa harus Anda sebutkan nama pihak tersebut. Dengan begitu Anda tidak langsung menjelekkan nama pihak itu.

3. Dengan Narasi Perumpamaan
Bisa juga coba kemukakan pendapat dengan membuat cerita perumpamaan. Misalnya ketika mengkritik instansi A, Anda membuat cerita seolah-olah itu terjadi di tempat lain, dialami orang lain. Ini adalah salah satu bentuk kritik secara tak langsung dengan cara sindiran. Cara ini sangat sulit mengalami tindakan tuntutan hukum, sebab tidak membuktikan apapun.

4. Minta Izin
Jika Anda mengambil foto/gambar/tulisan/video orang lain untuk diposting di blog atau laman social media Anda, mintalah izin lebih dulu. Atau setidaknya sebutkan sumber asalnya. Dengan demikian Anda tidak akan dituntut dengan tuduhan plagiat atau pelanggaran privasi. Untuk foto/video koleksi pribadi orang lain yang belum pernah dipublikasikan, wajib meminta izin lebih dulu.

5. Jangan Segan Minta Maaf
Apabila Anda melakukan kesalahan dalam postingan Anda, jangan segan untuk segera minta maaf ke pihak yang dirugikan. Ini adalah cara terbaik menghindari tuntutan hukum atau masalah yang lebih rumit.

Baca juga:

Tags:

15 komentar

avatar

iya sering-sering mampir aja gan :)

Balas delete
avatar

harus hati-hati dalam mengemukaan pendapat di dunia maya nih.. ada UU ITE nya :)

Balas delete
avatar

iya gan benar (y)

Balas delete
avatar

iya sama-sama gan, sering mampir aja kesini :)

Balas delete
avatar

sangat menginspirasi, tetapi bagaimana dengan optimasi yang berlebihan ? apa dampaknya pada blog

Balas delete
avatar

jika terlalu berlebihan maka blog anda bisa terkena google panda, seperti jumlah penayangan disetiap artikelnya menjadi nol.

Balas delete
avatar

Mantap gan
http://cecepdotcom.blogspot.com

Balas delete
avatar

ya makasih gan

Balas delete
avatar

mantab infonya sob, makasih banyak...

http://www.tokoobatku.com/obat-jantung-rematik-herbal/

Balas delete