Home » » Cara Pilih Android China Yang Bagus

Cara Pilih Android China Yang Bagus

Written By Selo Aji on Monday, November 10, 2014 | 4:44 PM


Sudah banyak produsen besar dari berbagai negara yang terjun ke dunia smartphone, tak terkecuali produsen Asal negri tirai bambu. Salah satu produsen baru smartphone asal Cina yang terbilang sukses adalah Xiaomi. Dengan harga yang cukup murah namun mempunyai spesifikasi smartphone yang 'gahar' ini, cukup mampu membuat orang-orang terkagum-kagum.

Bukan hanya Xiamoi yang sudah beredar di Indonesia, produsen lawas seperti ZTE dan Huawei-pun turut ambil alih dalam penjualan smartphone Android di Indonesia. Dibalik harganya yang rendah, ongkos pembuatan ponsel tersebut telah ditekan sedemikian rupa sehingga kadang kualitas tidak didahulukan. Untuk itu disini Celow punya tips kamu yang ingin membeli smartphone Android asal Cina.

1. Pilih Smartphone dengan Harga Terbaik
Dibalik kelebihannya pada harga yang murah, ponsel Cina juga kadang menawarkan beberapa fitur yang bisa diandalkan. Tapi kadang layanan servis yang ditawarkan pada pelanggan tidak memuaskan. Mulai dari proses pengerjaan yang lama hingga teknisi yang kurang berkualitas. Jika hal ini bisa diatasi, maka tidak menutup kemungkinan bahwa ponsel Android Cina akan merajai pasar ponsel Android lokal.

2. Konektivitas 4G/LTE


Kelebihan: Ketika didasarkan pada chipset MediaTek, ponsel Android Cina akan tertinggal jauh dari beberapa merk terkemuka ketika datang pada standar jaringan konektivitas. Pada kenyataannya, kebanyakan ponsel Android Cina mampu menjalankan konektivitas WCDMA sejak tahun 2009. Tentu saja, ada masalah yang tak terbantahkan dari ketergantungan Cina pada jaringan 4G LTE TDD, bukan standar FDD-LTE yang digunakan di seluruh dunia.

Chip modern seperti Qualcomm Snapdragon 800 mendukung keduanya, meskipun ponsel Android Cina mungkin memerlukan pembaharuan perangkat. Dalam setiap kasus, ada dua hal yang harus kamu pedulikan. Pertama, jaringan 3G HSPA standar bisa melesat hingga kecepatan 42.2Mbit/s, dan kedua, produsen Cina seperti ZTE, Lenovo dan Meizu telah mengumumkan rencana untuk memasuki pasar yang menggunakan 4G LTE.

Kekurangan: meskipun di tanah air sendiri masih belum ditemukan jaringan 4G dan masih percobaan di daerah Jabodetabek, tentu kamu tidak bisa merasakan kecepatannya menggunakan ponsel Android Cina. Mengaktifkan dukungan 4G LTE tidak sesederhana mendorong pembaharuan perangkat lunak, ini juga memerlukan izin dari pemerintah setempat atau juga sertifikasi jika dibutuhkan dan produsen ponsel Android Cina harus berusaha lebih keras lagi untuk ini. Mengapa kamu membayar uang tambahan untuk 4G LTE pada paket data kamu ketika smartphone kamu tidak mendukung fitur ini? bahkan beberapa ponsel Android Cina tidak mendukung 3G WCDMA band untuk negara-negara di luar Cina.

3. Desain dan kualitas


Kelebihan: Seperti yang kamu ketahui, ponsel Android Cina selalu meniru desain dari perangkat lain. Bahkan, jika ada ponsel Android Cina semakin menetapkan standar dalam hal tertentu. Ponsel seperti Oppo N1, Vivo Xplay 3S, Gionee Elife E7, Meizu MX3, dan bahkan Oppo Find 5 adalah bukti nyata desain pembeda.

Kekurangan: Dengan kurangnya keberagaman dalam hal desain pada ponsel Android Cina, maka sangat mudah ditemukan desain yang sama dan terlihat memiliki kualitas yang meragukan. Fakta bahwa adanya klon dari perangkat kenamaan di negara-negara berkembang merupakan hal yang tidak dibenarkan karena mencuri desain.

4. Kamera


Kelebihan: Produsen Ponsel Android Cina saat ini telah meningkatkan kemampuan kameranya yang bisa disandingkan dengan beberapa merk lainnya. Berapa ponsel Android Cina seperti Gionee Elife E7, Xiaomi Mi3, dan Nubia Z5Sn semua dilengkapi dengan beberapa teknologi yang cukup mengagumkan. Fitur OIS, video capture 4K, slow-mo dan seterusnya juga sudah bisa kamu temukan di dalam Nubia Z5Sn.

Kekurangan: Kamera smartphone telah meningkat begitu cepat, hampir menyamai dengan kamera point-and-shoot. Kemampuan ini datang berkat sensor kamera dari Sony, OmniVision dan lain-lain, tapi ada lebih banyak persamaan daripada hanya sensor. Dengan kemampuannya ini dapat dikatakan bahwa produsen Cina tidak memiliki sumber daya dan tim yang akan membangun kamera sekuat ini, tanpa peran teknologi dari vendor lain.

Pada dasarnya semua ponsel mempunyai kelebihan dan kekurangan-nya masing-masing. Jangan lupa untuk berkonsultasi dahulu dengan orang yang lebih tau saat ingin membeli barang-barang mahal.

2 komentar:

  1. weeh nice info gan :D
    heheh ninggalin jejak dulu :D

    http://sedikitilmu08.blogspot.com

    ReplyDelete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker