Home » , » Tips Keamanan iCloud, Belajar Dari Bocornya Foto Selebriti

Tips Keamanan iCloud, Belajar Dari Bocornya Foto Selebriti

Written By Selo Aji on Wednesday, September 3, 2014 | 4:53 PM

Belajar dari kasus bocornya foto para selebriti papan atas dunia yang diduga sebagian berasal dari iCloud. Tidak ada salahnya kita melihat kembali bagaimana kita memperlakukan password Apple ID.

Beberapa tips keamanan yang kami sarankan untuk ditindak lanjuti.

1. Jangan beritahukan password, ganti secara berkala
Ini tips utama, supaya password tidak bocor jangan beritahukan kesiapapun. Apalagi dituliskan di notes yang ditempelkan didekat perangkatmu. Terutama kalau akun iCloud kamu sama dengan App Store yang mempunyai data kartu kredit.

2. Jangan gunakan password yang sama dan mudah ditebak
Buanglah kebiasaan memakai password yang sama untuk berbagai situs. Fitur login memakai sosial media biasanya menjadi sasaran mudah hacker menggunakan cara peretasan-sosial, hacker hanya perlu meretas satu email sosial media untuk login ke berbagai layanan. Hindari menggunakan password yang mudah ditebak, misalnya memakai nomor telepon, tanggal kelahiran atau daftar password sejuta umat ini. Gunakan aplikasi manajer password untuk menghasilkan password random dan sekaligus mempermudahmu mengingat berbagai macam password.

Kami sarankan memakai aplikasi ini:
  • 1Password
  • Locko
  • Passible
3. Gunakan sistem otentikasi dua langkah (two-step authentication)
Belum memakai otentikasi dua langkah di iCloud? Aktifkan sekarang juga dengan cara login ke Apple ID-mu. Untuk informasi cara pengaktifannya, simak halaman ini. Dengan otentikasi dua langkah, akan memperkuat keamananmu. Apple ID akan meminta nomor otentikasi apabila akun tersebut login dari perangkat lain yang belum dipercaya. Artinya hacker harus mendapatkan akes ke iPhone supaya bisa login.

4. Tindak lanjuti laporan login dari Apple
Apple senantiasa memberikan email laporan apabila ada perangkat lain yang memakai akunmu. Tindak lanjuti email peringatan tersebut dengan sangat serius.

5. Matikan My Photo Stream
My Photo Stream merupakan fitur yang sebenarnya bermanfaat, tapi juga bisa menjadi bencana ketika perangatmu yang lain dicuri orang. Apabila kamu lupa telah mengaktifkan Photo Stream maka pencuri tersebut mendapatkan foto-foto terbaru tanpa perlu cape-cape hacking. Matikan Photo Stream di Mac dan perangkat iOS dengan cara masuk System Preferences dan Settings.

Semoga kejadian bocornya para artis bisa menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa tidak ada sistem keamanan yang 100% aman. Celah bisa saja dilakukan oleh penggunanya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker