Home » , » Cara Membuat Installer Windows 7 dan Windows 8 Di Satu Flashdisk

Cara Membuat Installer Windows 7 dan Windows 8 Di Satu Flashdisk

Written By Selo Aji on Tuesday, September 30, 2014 | 3:32 PM

Memanfaatkan media simpan flashdisk, kamu tidak hanya bisa menyimpan data saja tetapi juga file installer dari sistem operasi seperti Linux atau Windows. Dengan memasukkan file installer, kamu bisa melakukan instalasi dari flashdisk secara langsung.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasukkan lebih dari satu file installer yang sudah dikonversi menjadi ISO dengan bantuan aplikasi YUMI. Menggunakan YUMI, kamu bisa memasukkan lebih dari satu file ISO sekaligus, tergantung kapasitas flashdisk yang ada.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu:
  • Aplikasi YUMI
  • Flashdisk (disarankan berukuran 8GB jika ingin memasukkan Windows, atau sesuai kapasitas filenya).
  • File ISO dari sistem operasi yang ingin dimasukkan ke flashdisk (Windows 7 dan Windows 8).
  • Aplikasi Free WinISO Maker jika kamu hendak membuat file ISO dari DVD installer sistem operasi yang ada.
Setelah siap, tinggal ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Sebagai contoh, kita akan coba memasukkan dua installer sistem operasi yaitu Windows 7 dan Windows 8. Siapkan file ISO dari kedua sistem operasi tersebut. Untuk membuat file ISO, masukkan DVD installer Windows 7 atau Windows 8 dan jalankan aplikasi WinISO. Simpan file ISO tersebut ke harddisk terlebih dahulu.
  2. Tancapkan flashdisk yang akan digunakan. Pastikan flashdisk ini kosong karena akan menghapus semua data yang ada didalamnya.
  3. Jalankan YUMI. Pada Step 1, tentukan dimana lokasi flashdisk berada. Beri tanda centang pada pilihan Format Drive. Untuk Step 2, pilih distribusi OS yang akan digunakan. Geser ke bawah hingga kamu temukan pilihan Windows Vista/7/8 Installer. Pada Step 3, arahkan ke posisi dimana file ISO berada. Kamu mesti memasukkan dahulu file ISO Windows 7. Klik Create untuk memulai proses pemasangannya. Tunggu hingga selesai. Lamanya proses tergantung dari besarnya kapasitas file ISO serta flashdisk yang digunakan.
  4. Klik Next setelah proses selesai. Selanjutnya kamu akan ditanya apakah ingin menambah file ISO pada flashdisk, pilih jawaban Yes.
  5. Pada Step 1, pilih ke drive dimana flashdisk berada sesuai dengan pilihan sebelumnya. Untuk Step 2, pilih Windows Vista/7/8 Installer. Dan Step 3, arahkan dimana file ISO Windows 8 berada. Klik Create untuk melanjutkan proses pemasangan file installer kedua tersebut. Setelah selesai, kamu sudah memiliki dua installer Windows 7 dan Windows 8 dalam satu flashdisk. Selanjutnya tekan Yes jika ingin menambahkan file installer lain seperti Ubuntu, atau tekan No jika ingin menyudahinya. Nah sekarang kamu bisa dengan mudah melakukan instal ulang dari flashdisk dengan pilihan installer sistem operasi yang telah dipasang tadi.

3 komentar:


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker