Selo Aji

Tips Unik dan Menarik

3 Software Mudah Untuk Membuat Game

Video game terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Banyak game yang memanjakan para pemainnya dengan tampilan, gameplay, dan fitur-fitur yang menjadikan game-game tersebut unik dan menarik untuk dimainkan.

Tidak hanya game, para developer pun merilis game engine mereka untuk kemudian digunakan dan dikembangkan oleh umum. Bahkan ada juga yang memang produk jualannya adalah game engine yang menjadikan para konsumennya bisa membuat game sendiri.

Nah, hal itu membuat kita juga bisa berkreasi dalam membuat sebuah game. Tapi tahukah kamu kita juga bisa membuat game dari software yang sering kita gunakan sehari-hari? Software apa saja? Yuk kita simak!

1. Notepad
Teman-teman pasti mengenal apa itu Notepad. Yap, Notepad adalah software bawaan Windows yang biasa digunakan untuk mengolah file teks sederhana. Walau biasa digunakan untuk keperluan simpel, para pengguna komputer advance juga menggunakan Notepad untuk mengedit sebuah script code seperti HTML atau .BAT. Oleh karena itu, kita juga bisa menggunakan Notepad untuk membuat sebuah game. Kamu bisa mencoba membuat game Tic-Tac-Toe dengan Notepad dengan cara yang dijelaskan di link ini.

2. Microsoft Office (Word, Excel, dan PowerPoint)
Sudah pasti Microsoft Office bukanlah software yang asing bagi kita, karena software ini adalah kebutuhan pengolahan dokumen yang paling umum di lingkungan kerja. Para mahasiswa pun menggunakan software ini untuk pengerjaan tugas sehari-hari. Tapi pernah terbayang untuk membuat game dengan menggunakan Word, Excel, atau PowerPoint?

Ternyata memang bisa, seperti game Arena.Xlsm yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel. Kamu juga bisa mencoba beberapa game yang dibuat dengan PowerPoint dan Microsoft Word (seperti video di bawah ini dan jika kurang jelas videonya maka klik disini!).


3. Blender 3D
Blender adalah software 3D modelling. Blender bersifat open source dan gratis, jadi kita bisa mengunduh dan menggunakannya secara cuma-cuma, bahkan memodifikasinya sesuai kebutuhan kita. Awalnya Blender 3D hanya bisa digunakan untuk membuat model animasi 3D saja. Namun dengan semakin banyaknya pengguna Blender, semakin banyak pula plugin yang bisa diunduh untuk menambah fitur pada Blender, salah satunya adalah game engine. (jika kurang jelas videonya maka klik disini!)

Baca juga:

2 komentar

avatar
Anonymous

ane tambahin lagi nih . . .

neoaxis 3d dan unity3d

Balas delete
avatar

Terima kasih atas tambahannya gan, jadi makin lengkap nih software mudah untuk membuat game :D

Balas delete