Home » , » 5 Perguruan Tinggi Indonesia Yang Memiliki Jurusan Game

5 Perguruan Tinggi Indonesia Yang Memiliki Jurusan Game

Written By Selo Aji on Wednesday, July 23, 2014 | 10:25 AM

Indonesia adalah salah satu negara yang industri game-nya sedang mengalami perkembangan pesat. Industri game di Indonesia mungkin memang terlihat sangat menjanjikan, hal ini dibuktikan dengan adanya survei yang menunjukkan Indonesia meraih peringkat ke-7 se-Asia Pasifik dalam hal pendapatan game.

Berkembangnya industri game di Indonesia sepertinya sangat dianggap memiliki peluang besar oleh para perguruan tinggi di Indonesia. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mulai membuka jurusan game, untuk mencetak lulusan-lulusan yang siap untuk bergerak di bidang industri game.

Perguruan tinggi mana sajakah itu? Berikut adalah lima perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan game:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan game. Jurusan game yang dibuka untuk program S2 adalah Teknologi Media Digital dan Game di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Jurusan Teknologi Media Digital dan Game ITB memiliki visi menjadi tempat pendidikan atau pembelajaran, riset dan pengembangan teknologi media digital dan game yang unggul, handal, dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan bermartabat di dunia.

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB juga memiliki peminatan terhadap game untuk jurusan S1 Desain Komunikasi Visual dan S2 Komunikasi Visual dan Multimedia. Game sendiri dikategorikan sebagai new media dan multimedia untuk kedua jurusan ini.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi Institut Teknologi Bandung: S2 Teknologi Media Digital dan Game, S2 Komunikasi Visual dan Multimedia, dan S1 Desain Komunikasi Visual.

2. S1 Game Application and Technology, BINUS University
Adalah BINUS University, salah satu universitas yang secara khusus membuka program S1 dengan topik spesifik tentang game. Lewat program Game Application and Technology yang di-launch pada Agustus 2011, BINUS University mencoba melahirkan lulusan-lulusan yang siap untuk terjun ke industri game.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi BINUS University.

3. S2 Game Technology-PKLN, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Program studi ini merupakan hasil kerja sama ITS dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Jurusan Game Technolgy-PKLN ITS merupakan gabungan antara bidang desain grafis dan teknik komputer. Target program ini adalah guru-guru Sekolah Menengah Atas yang dididik sehingga menjadi Magister Teknik yang mampu menyajikan modul-modul pembelajaran dalam bentuk game dan animasi software komputer.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
Sepertinya sudah banyak perguruan tinggi yang memiliki program pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV), namun UMN dalam program studi DKV-nya juga memfokuskan peminatan kepada game. Peminatan Interactive Media Design Universitas Multimedia Nusantara bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain game dan desain media interaktif dengan penekanan pada sisi artistik visual, gameplay, dan interaktivitasnya.

Program studi Teknik Informatika UMN pun memiliki peminatan untuk game development yang sudah berjalan selama dua tahun. Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang rekayasa piranti lunak (software engineering), berjiwa wirausaha, dan berbudi pekerti luhur.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi Universitas Multimedia Nusantara: program studi DKV dan program studi Teknik Informatika.

5. D4 Teknologi Game, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
D4 Teknologi Game PENS, dibentuk dengan memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan atau center of excellence bidang teknologi game di Indonesia. Pembentukan program studi ini lebih menitikberatkan pada terciptanya tenaga pengembang game secara menyeluruh mulai dari tahapan perencanaan sampai produk game bisa dipasarkan. Ini akan berimplikasi pada naiknya jumlah pengembang game di Indonesia akan semakin bertambah.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs resmi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Teman-teman gamers punya rencana untuk melanjutkan studi ke bidang industri game? Atau teman-teman mengetahui perguruan tinggi lainnya yang membuka program studi game? Yuk share!

Source

2 komentar:

  1. jadi pengen kuliah di salah satu perguruan tinggi di atas nih :D

    ReplyDelete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker