Home » » 9 Manfaat Tertawa

9 Manfaat Tertawa

Written By Selo Aji on Tuesday, April 29, 2014 | 10:20 AM

Orang bilang, tawa adalah obat yang paling mujarab untuk segala penyakit. Tampaknya hal ini tak sekedar kiasan belaka. Karena ternyata tawa tak hanya membuat orang senang tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dari pada manyun dengan muka jutek dan kusut, mending tertawa. Hahaha! Dari pada uring-uringan dengan rasa bosan yang, misalnya, menyerang saat di kantor, mending tertawa. Tahu tidak bahwa sebenarnya kita bisa jadi jauh lebih produktif ketika kita bisa banyak tertawa. Eh nggak percaya? Ini nih penjelasan lebih lengkapnya!

1. Tertawa Bisa Menghadirkan Lingkungan Kerja yang Positif

"A day without laughter is a day wasted." - Charlie Chaplain
Seperti yang dilansir oleh lifehack.org, orang yang tertawa bersama akan tumbuh bersama. Sebuah tim memiliki peluang untuk sukses lebih besar jika orang-orang dalam tim tersebut bisa merasa nyaman untuk menertawakan satu sama lain.

2. Tertawa Bisa Kembali Membuat Semangat

“Laughter is the sun that drives winter from the human face.” - Victor Hugo
Wajah Anda akan terlihat pucat dan pastinya tak enak dipandang jika Anda jarang sekali tertawa. Tertawa itu ibarat matahari yang bisa mengusir dinginnya musim dingin dari wajah seseorang. Setidaknya cobalah untuk tersenyum, maka Anda akan kembali merasa semangat dan rasa jenuh akan hilang.

3. Tertawa Bisa Membuat Lebih Kreatif
Tertawa itu seperti segelas jus buah dingin untuk otak kita. Ketika Anda bisa tertawa di tempat kerja, Anda akan bisa merasa lebih bebas untuk mengeluarkan ide-ide kreatif karena tidak merasa tertekan. Terkadang ide kreatif itu tidak bisa muncul jika otak kita dalam kondisi stres dan tertekan. Dengan tertawa, hilang sudah rasa tertekan dan stres itu.

4. Tertawa Membuat Kita Bahagia Saat Bekerja

Inilah faktanya, jika kita tidak suka dan tidak bahagia berada di tempat kerja, kita akan sangat sulit untuk melakukan pekerjaan yang baik dan sempurna. Dengan tertawa, kita bisa merasa lebih bahagia dan semangat di tempat kerja. Hasilnya? Kita bisa bekerja lebih baik dan produktif di tempat kerja.

5. Tertawa Merilekskan Saraf Dan Otak
Tawa bisa memberikan efek anti-stress selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia. Tawa akan memicu hormon anti stres dan anti-depresi seperti cortisol dan endorphin sehingga membantu sistem saraf menjadi rileks dan tenang.

6. Tertawa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Merdeka.com - Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.

7. Tertawa Meredakan Stres Kerja
Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika Anda mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, Anda bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.

8. Tertawa Membantu Penyembuhan Diabetes
Tertawa juga memiliki manfaat yang hebat bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Penelitian mengungkap bahwa tawa bisa membantu pasien diabetes dan hipertensi menjadi lebih sehat. Obat-obatan yang dipadukan dengan terapi tertawa bisa memberikan hasil yang lebih maksimal terhadap pasien diabetes dan hipertensi.

9. Tertawa Sehat Untuk Calon Ibu Dan Janin
Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya. Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya. Kebanyakan pertumbuhan bayi terhambat jika ibu mengalami stres saat hamil.

Itulah beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan. Jangan terlalu serius menghadapi hidup. Anda juga harus mencari hiburan dan membiarkan diri Anda tertawa lepas. Karena tertawa tak hanya menyehatkan otak dan jiwa, melainkan juga tubuh Anda.

4 komentar:

  1. mw bljr tertawa jga gan, agr lebih semangat

    ReplyDelete
  2. klo tertawa terus jadi gila.
    hahahahah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ga gitu juga kali gan, wkwk

      Delete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker