Home » , » Perlukah Antivirus untuk Android?

Perlukah Antivirus untuk Android?

Written By Selo Aji on Tuesday, November 19, 2013 | 9:20 AM

Jawabannya, belum perlu.
Karena berdasarkan pengalaman selama menggunakan Android tidak ada masalah yang mengarah kesana. Faktanya OS Android menggunakan base linux yang sulit untuk ditembus virus, dibalik itu penggunaan antivirus juga akan memakan banyak memory RAM yang akan menghambat kinerja Android.
Virus Android memang belum ada, Namun malware sudah mulai beredar. Perlu ditekankan bahwa malware dan virus sangatlah berbeda. Antivirus memang bukan cara yang paling ampuh untuk menghindari malware, tetapi punya sedikit tips agar Android terhindar dari malware :
1.Jangan asal mendownload aplikasi gratisan di situs-situs yang kurang terpercaya (diluar google playstore), karena kemungkinan terdapat malware pada aplikasi tersebut, atau bisa saja si pengunggah file menyisipkan malware pada APK tersebut. Disarankan untuk menginstall aplikasi Android resmi dari google playstore. 
2.Jangan asal mengklik iklan yang ada pada Android selagi berselancar di internet, karena malware dapat mudah masuk melalui iklan-iklan yang beredar bebas di internet.
3.Jangan asal menerima file dari bluetooth orang lain, kadang malware bisa masuk melalui file yang dikrimkan orang lain ke pada kita melalui bluetooth.
4.Yang paling penting ialah be a smartuser, install aplikasi dengan bijak, gunakan internet dengan bijak dan hindari penggunaan aplikasi/game dari blackmarket atau situs diluar google playstore.

0 komentar:

Post a Comment


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker