Home » » Cara Ganti Font For Android

Cara Ganti Font For Android

Written By Selo Aji on Tuesday, November 26, 2013 | 3:56 PM

Font merupakan salah satu bagian yang penting dalam dunia Android dan lainnya. Sebab, tanpa font yang jelas maka kita tidak akan tahu informasi yang ditampilkan oleh Layar/Display. Variasi font juga membuat tidak cepat bosan dengan pemanfaatan fitur-fitur Android kita.
Banyak  developer yang mencoba untuk membuat variasi font agar tampilan terlihat lebih stylish, menarik atau sekedar untuk menambahkan library agar tidak ditemui lagi suatu karakter yang tidak terbaca (biasanya berbentuk kotak). Kali ini kita akan belajar tentang cara mengganti font pada  Android.

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengganti font For Android. Misalnya saja dengan mem-push-kan ke system Android  baik dengan ADB maupun secara langsung dengan File Explorer pada Android. Bisa juga melalui Recovery Mode. Namun yang akan kita pelajari adalah dengan menggunakan software  Android  bernama FontInstaller “Root”.
Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada PlayStore. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya bisa berjalan untuk ponsel yang  telah di”Root”. Jadi, pastikan bahwa  Androidmu sudah rooted.  Apabila belum dan tidak mengerti apa itu Root sebaiknya hentikan sekarang juga karena dapat menimbulkan kerusakan system apabila droiders tidak memiliki dasar pengetahuannya.

Setelah terinstall, bukalah FootInstallerRoot. Aplikasi ini memiliki dua  opsi dalam menginstall Font baru. Menginstall font yang telah droiders download sebelumnya dan berada dalam penyimpanan lokal android atau langsung mendownload dari server aplikasi tersebut.
1.Install melalui data lokal.
Pilih Tab Lokal dan carilah  font yang telah  droiders download sebelumnnya.
Pilih  file font tersebut. Jika droiders  ingin melihat  previewnya sebelum menginstall, pilih Preview. Jika tidak, langsung saja pilih Install.
Selanjutnya akan muncul pop up yang meminta konfirmasi droiders. Selain itu juga berisi peringatan bahwa sebelum melakukan penginstalan, droiders direkomendasikan untuk melakukan  Android backup (backup system) agar sewaktu-waktu terjadi error droiders dapat dengan mudah memperbaikinya. Jika droiders ingin membackup font yang ada, pilih backup, jika tidak, langsung saja pilih Continue
Jika droider memilih backup, maka font tidak langsung terinstall. Disini droiders perlu melakukan cara yang sama seperti sebelumnya. Maka akan terjadi proses instalasi Font baru. Setelah instalasi selesai akan muncul pemberitahuan bahwa droiders harus merestart Android. Pilih Yes jika droiders ingin segera merestartnya atau No jika droiders ingin merestart nanti.
2.Install melalui server Font Installer Root.
Pilih menu Server. Lalu pilihlah font yang droiders inginkan.
Sama seperti nomor satu, pilih preview  jika droiders ingin melihat-lihat dahulu atau  pilih  Install jika droiders  ingin langsung  menginstallnya. Akan muncul pemberitahuan bahwa droiders diharuskan merestart Android  agar  instalasi Font memberikan efek.
Sekali lagi saya ingatkan untuk melakukan backup  baik itu  Android backup ataupun backup lainnya yang diperlukan agar apabila terjadi hal yang  tidak diinginkan, kita dapat mengembalikan keadaan menjadi seperti semula. Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan baik secara Software maupun Hardware. Makasih dan semoga bermanfaat ya! :)

14 komentar:

  1. tutorial nya bagus ,,, Rapi (y)
    coment back gan : http://stream-indo.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, silakan dicoba tutorialnya :)

      Delete
  2. Replies
    1. makasih gan, silakan dicoba tutorialnya :)

      Delete
  3. Replies
    1. makasih gan, silakan dicoba tutorialnya :)

      Delete
  4. Wah bagus posting nya mas. Sangat bermanfaat untuk saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan, silakan dicoba tutorialnya :)

      Delete
  5. Makasih mas. bermanfaat sekali.
    mampir juga yah. Moga aja bisa bermanfaat.

    http://goo.gl/RbFjvE
    http://goo.gl/fEtBfV

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama mas, sering mampir aja kesini :)

      Delete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker