Home » , » Biar Android Jadul Bisa BBM-an

Biar Android Jadul Bisa BBM-an

Written By Selo Aji on Friday, October 25, 2013 | 8:39 PM

Versi Original Google Nexus One 2009
Spesifikasi detail ( Klik Here ... )
Jangan dulu memutuskan membeli smartphone baru Android hanya sekedar untuk bisa menikmati fitur BBM (Blackberry Messenger) yang kabarnya hanya bisa dijalankan oleh platform Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan versi yang lebih baru seperti Jelly Bean dan KitKat. Ternyata beberapa tipe Android versi lawas misalnya Gingerbread ada yang bisa di-upgrade ke ICS atau Jelly Bean agar bisa diinstalasi fitur BBM.

Kebetulan dalam contoh ini salah satu narasumber mencobanya dengan menggunakan Custom ROM pihak ketiga dari CyanogenMod (CM) pada smartphone yang diujicobakan adalah Google Nexus One, diproduksi oleh vendor HTC yang ketika dirilis pada Desember 2009, memiliki OS bawaan Android 2.1 "Éclair", dan sejalan dengan waktu pihak Google membuka ijin penggunanya untuk di-upgrade ke versi Android 2.3.6 Gingerbread tak lama berselang sejak dipasarkan di 2010.

Memang tak semudah itu menginstalasi fitur BBM ke Nexus One karena ada tahapan lanjutan dengan meningkatkannya ke versi Android 4.0 ICS (CM9 version) atau bisa juga langsung ke Jelly Bean (CM10 version), sepanjang versi smartphone dapat di-kustomisasi menjadi ICS atau versi yang lebih baru.
C43ef03d0eb031e27e330131de312310Tampilan ICS (CM9) Google Nexus One

4edc93ac71644801aa592ed43a2bc302Info Google Nexus One dengan ICS

E25ab82b5e5df3021665e6c0d1296f1bTampilan BBM di Google Nexus One
Singkat, sedikit mengurai tahapan kustom CyanogenMod versi 9 (ICS) ke smartphone lawas, Google Nexus One, perangkat tersebut sebelumnya harus diselaraskan meningkat menjadi versi ICS atau Jelly Bean, melalui aplikasi yang disediakan oleh Google Application (Gapps) sesuai kompatibilitas versi smartphone berbeda-beda merek (setiap merek vendor berbeda-beda aplikasinya). Lantas perangkat dibuka kunci (Unlocking) dengan aplikasi fastboot melalui PC agar dapat mengakses halaman Bootloader-nya atau membuka fitur Recovery melalui tambahan aplikasi Recovery-RA-passion-v2.2.1-CM (versi kompatibel untuk Nexus One).

Sukses melewati tahapan tersebut, perangkat siap dibenamkan ROM Kustom CM9 atau CM10 dengan sebelumnya mensinkronisasikan pemilahan alokasi kapasitas memori built-in dan memori eksternal perangkat dengan bantuan aplikasi 4EXT Recovery, BlackRose serta yang terpenting aplikasi ROM untuk Nexus One (versi compatible: BCM-RC4.1U2).

Detil menyeluruh terkait tutorial banyak tersedia di forum-forum (misalnya di forum.xda-developers) dengan kata kunci mesin pencarian atau browsing, "Custom ROM for ICS or Jelly Bean / CyanogenMod / CM9 / CM10 / Sebutkan tipe smartphone yang kompatibel akan dikustomisasi."

Narasumber mengatakan: Harap diperhatikan, artikel ini hanya melaporkan pengalaman pengguna, sehingga segala dampak atau kesalahan prosedur dari coba-coba yang dilakukan pembaca bukan menjadi tanggung jawab.

8 komentar:

  1. iya gan, hehehe android sekarang makin keren aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo gan, Silakan disimak artikelnya ^_^

      Delete
    2. Nambahin informasi : ada satu hal lagi selain sistem operasi harus ICS ke atas, yakni setidaknya berprosesor ARM versi 7a ke-atas. untuk ARM v6l kebawah tidak didukung dan akan Closed App.

      Nice posting gan, Keep Share. :)

      Delete
    3. Makasih gan atas masukannya :)
      Nice komen ^_^

      Delete
  2. Replies
    1. Iyo bisa gan, enggeh suwon yo rek ^_^

      Delete
  3. wih gan keren nih,sayang gk punya android gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggeh suwon yo rek, gapapa gan yang penting infonya tau (y)

      Delete


SEO Reports for selo-aji.blogspot.com Free PageRank Checker